Mencegah dan Menghadapi Malpraktek (Samuelcyber’s Blog)


Mengawali bahasan topik pembicaraan hari ini kiranya baik kita ucapkan syukur dan terima kasih kepada Tuhan bahwa saat ini masih ada dan terdapatnya komunitas “MARGANINGSIH”, sebuah PAGUYUBAN DOKTER KATOLIK di Yogyakarta, DAERAH ISTIMEWA dimana kita dimungkinkan hidup bersama dan berkarya sebagai kerosulan awam untuk mewujudkan mission, cinta kasih kemanusiaan yang bernuansa perjuangan KEADILAN.
Perjuangan keadilan adalah tanda ciri abadi sejak zaman NABI AMOS, hingga kapanpun abadi merupakan persoalan PERENEAL dalam kehidupan ummat manusia. HIPOKRATES, pencinta nyawa manusia (Sumpah dokter), PBB (Declaration Human Rights alasan apapun nyawa manusia tidak boleh dihilangkan) dan perjuangan ahli hukum ( para advokat “Fiat Justitia Ruat coelum”, walaupun langit runtuh, keadilan harus ditegakkan ).
Filsof Hukum YHERING, dalam buku Der Kampf Ums Rechts: Ist Das Karakter Des Lebens :
Perjuangan untuk menegakkan hukum, Keadilan dan Kebenaran adalah ciri kehidupan yang tiada henti-hentinya diperjuangkan dan bahkan menuntut PENGORBANAN.
PERHUKI dengan atribut yang melekat pada organisasi yang berwatak profesional terbentuk dengan elemen INTI Ahli Hukum dan Kesehatan merupakan panduan dalam aktifitas para Akhli Hukum Kesehatan yang sehari-hari dikenal dalam dunia advokat ( Akhli Hukum ) dan Dokter (Akhli Kesehatan) yang bermuara kepada Keadilan, yang bermuara PROFESI MULIA (LUHUR).
Dari arahan ini menjadikan discursus ini menjadi suatu diskusi yang panjang, namun dapat disarikan terdapatnya (idealisme), dalam ranah ETIKA, HUKUM, KEBENARAN, dan KEADILAN.
Kiranya tepat bilamana topic ini disajikan dalam situasi PRA PASKAH yang disiapkan Paguyuban Dokter Katolik di Yogyakarta untuk merespon SENGSARA YESUS dengan Refleksi: mencegah dan menghadapi TUNTUTAN MALPRAKTEK DALAM ETIKA, IMAN DAN HUKUM.

ETIKA
Tanda ciri seorang professional adalah bersikap profesionalisme memelihara etika (kesopanan) menghayati dan karenanya sebagai jalan hidup (way of Life), yang diketahui orang yang merawat tata hudup nya seturut code of conduct (tingkah laku) tata kehidupan serta tatakelola hidup senantiasa dilandasi sikap bathin yang diaktualisasi dalam kegiatan kehidupan bersumber dari spirit yang tertulis dalam KODE ETIKA profesi (Kode etika profesi Kedokteran, Kode etika advokat).

Kode Etika profesi ini dijalankan dengan sikap sadar diri dengan TUNDUK secara SUKARELA jauh dari tekanan pengaruh paksaan dari manapun santie-santie aturan-aturan yang wajib diturut oleh kaum professional yang sadar menyerahkan hak kepada organisasi untuk control, pengawasan bahkan penindakan bilamana terjadi MALPRAKTEK konsekuensi logisnya telah diketahui yaitu konsekuensi resiko dan tanggungjawab professional. Apa yang dilakukan oleh professional adalah demi kemuliaan jabatan, nilai-nilai yang luhur, adiluhung lantaran sikap bathin yang cenderung mempersatukan cita-cita diri pribadi, masyarakat, kemanusiaan, Keilmuan dan Kebesaran Nama Tuhan. Ilmu pengetahuan harus diabdikan demi kemajuan ilmu, pembaharuan, senantiasa memperbaharui dan menemukan yang baru demi kemanusiaan, karena menurut manusia diciptakan TUHAN maka konklusinya ILMU dan KARYA dapat memuliakan NAMA AGUNG TUHAN.
Profesi, diartikan propheet (nabi) bukan PROFIT (keuntungan materi). Oleh sebab itu profesi berintikan sebagai SEMANGAT KENABIAN menghantar manusia kearah kebahagiaan.
Profesionalisme adalah paham/ilmu yang muaranya mempelajari apa, siapa , bagaimana, dimana, kapan, mengapanya profesi ! Jelas bahwa dikandung didalamnya disiplin ilmu profesi yang sekiranya ditarik garisnya adalah :
IMAN :
PASTUR LEAVY SJ dalam karya Essay Manusia menggambarkan bahwa manusia itu makhluk yang rumit, misterius menghadapi MISTERI KEHIDUPAN.

Disampaikan dalam forum Paguyuban Dokter Katholik pada tanggal 14 maret 2010 di Melia Purosani Hotel.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s